BLOG INI pada awalnya berisi Kutipan / Kata Mutiara / Kata-kata Bijak (quotations), Ringkasan (summaries), dan Pemahaman (insights). Dalam perkembangan selanjutnya diisi dengan artikel-artikel singkat. Silakan klik di sini... untuk kembali ke BLOG UTAMA.

06 September 2009

Blog sebagai Tempat Mencatat

Saya menulis di Status facebook saya:

Zaman dulu kita menuliskan pemikiran-pemikiran kita di buku catatan. Setelah itu biasanya kita agak kesulitan menemukan kembali sesuatu yang pernah kita tulis. Di zaman modern ini, kita bisa menuliskan pemikiran-pemikiran kita dan hal-hal lain yang ingin dicatat di BLOG. Gratis dan mudah membuatnya di Blogger.com (klik). Blog anda bisa dibuat 'private' (rahasia) — cuma anda sendiri yang bisa baca. Jadi, apa lagi yang perlu ditakutkan?

* * *

Saya menulis lagi lanjutan dari tips di atas di Status facebook yang baru:

Perkembangan selanjutnya, saya menuliskan pemikiran-pemikiran saya dan catatan-catatan pribadi lainnya YANG AGAK PANJANG di Word, sedangkan ide-ide dan catatan-catatan SINGKAT tetap saya tulis di buku catatan biasa. Belakangan saya merasa bahwa memosting apa yang sudah diketik di Word ke 'BLOG RAHASIA', sangat bermanfaat.

* * *

TIPS BERIKUTNYA (tidak diposting di Status facebook):

Bila anda sering membaca artikel-artikel di Internet dan tidak ingin 'kehilangan jejak', anda dapat 'mencatatnya' di 'BLOG RAHASIA' yang hanya bisa dibaca oleh anda sendiri. Kutiplah dua alinea pertama atau alinea-alinea penting dalam artikel tersebut, kemudian buatlah tautan ke artikel aslinya dengan kata 'Selanjutnya...' atau 'Selengkapnya...'.

Contohnya bisa dilihat di sini... (yang ini bukan 'blog rahasia').

* * *

Ketiga tips di atas sudah ditulis ulang sebagai artikel yang menarik dan diposting di Note facebook saya.

Posting Terbaru

Langganan Updates

Untuk berlangganan updates semua blog berbahasa Indonesia saya, silakan isi formulir di BLOG UTAMA.

NB: Satu formulir untuk semua blog.

Pemilik Blog

Foto saya
• Infopreneur, Online Publisher
• Penerjemah buku Retire Young Retire Rich karya Robert T. Kiyosaki & Sharon L. Lechter, dan banyak buku lainnya.

Arsip Blog Ini