BLOG INI pada awalnya berisi Kutipan / Kata Mutiara / Kata-kata Bijak (quotations), Ringkasan (summaries), dan Pemahaman (insights). Dalam perkembangan selanjutnya diisi dengan artikel-artikel singkat. Silakan klik di sini... untuk kembali ke BLOG UTAMA.

20 September 2009

Ada Orang yang Sangat Mudah Menulis, Walaupun Tidak Banyak Membaca

Saya menulis di Status facebook saya:

Ada orang yang sangat mudah menulis, walaupun tidak banyak membaca. Padahal tip yang sering saya dengar adalah: banyak-banyaklah membaca kalau ingin jadi penulis. Mau tahu apa yang paling mudah ditulis? PEMIKIRAN, PENGAMATAN, dan PENGALAMAN kita sendiri!

* * *

Berikut ini adalah komentar dari teman-teman facebook, termasuk komentar saya sendiri. Sayang kalau tidak diabadikan di sini. Nyarinya lagi di facebook susah kalau sudah lama.

Rossie Indira
Itu juga masih gak gampang kok.... semakin banyak membaca rasanya semakin gak bisa nulis euy, merasa masih jauh banget sama yang sudah ditulis orang lain, hehehehe....

Paulus Herlambang
Jangan minder membaca tulisan sendiri hanya karena melihat tulisan orang lain bagus-bagus, sebab yang menentukan bagus tidaknya sebuah tulisan bukan kita melainkan orang lain.

Anang Yb
Setuju pak.. Bila umur kita (misalnya) 35 th, tentu bisa ditulis ratusan artikel berdasarkan perjalanan hidup kita, sepanjang kita bisa berefleksi ..

Woro Anjokrowati Sumedang
Aku duluuuu sekali pingin jadi penulis... kisah sehari2.... tapi suka amburadul... blom jelas awal-tengah dan akhir... trus udah sibuk ama tugas sehari2... jadilah penulis tinggal angan2.. tunggu pensiun dulu kayaknya.

Dede Ida Suhendra
Setuju kang Paul, memang beberapa kali saya coba tapi cuma sampe draft setengah mateng karena ternyata perlu fokus selain niat...

Isye Iswantini
Ternyata cerita lebih mudah drpd nulis, krn maless ngetik, selain kata2nya hrs sesuai kaidah EYD, akhirnya byk diedit-- alhasil ngg selesai ....hihihi Akhirnya, cerita humor baru bbrp yg bs dinikmati teman2 tertentu saza.....Tapi mau nyoba ahhh bikin ....Go(isye's)blog....nanti mampir yaaa

Paulus Herlambang
Ternyata banyak orang yang pengin jadi penulis. Kayaknya Tuhan memang menaruh 'keinginan alamiah' di dalam diri setiap orang untuk jadi penulis, supaya pengalaman hidup dan pengetahuan yang berharga gak lenyap begitu saja. Masalahnya, gak setiap orang benar-benar bisa jadi penulis.

Posting Terbaru

Langganan Updates

Untuk berlangganan updates semua blog berbahasa Indonesia saya, silakan isi formulir di BLOG UTAMA.

NB: Satu formulir untuk semua blog.

Pemilik Blog

Foto saya
• Infopreneur, Online Publisher
• Penerjemah buku Retire Young Retire Rich karya Robert T. Kiyosaki & Sharon L. Lechter, dan banyak buku lainnya.

Arsip Blog Ini