BLOG INI pada awalnya berisi Kutipan / Kata Mutiara / Kata-kata Bijak (quotations), Ringkasan (summaries), dan Pemahaman (insights). Dalam perkembangan selanjutnya diisi dengan artikel-artikel singkat. Silakan klik di sini... untuk kembali ke BLOG UTAMA.

12 Maret 2010

Memenuhi Panggilan Hidup

Banyak orang sudah tahu panggilan hidupnya, namun apakah kita berusaha untuk memenuhi panggilan hidup kita?

Manusia diciptakan dengan panggilan hidup masing-masing. Kadang lama sekali (bisa puluhan tahun setelah dilahirkan) baru kita menemukan panggilan hidup yang spesifik untuk kita.

Panggilan hidup ada yang bersifat umum, seperti: memuliakan Tuhan, menjadi berkat buat banyak orang. Ada yang bersifat khusus (spesifik untuk diri kita), misalnya: menjadi guru, menjadi motivator, dan sebagainya.

Kadang-kadang orang tidak berani memenuhi panggilan hidupnya karena pertimbangan ekonomi. Jadi tarik-menariknya bukan antara 'yang sementara' dan 'yang kekal', tapi antara 'makan' atau 'tidak' keluarga saya.

Akhirnya hanya sebagian kecil saja yang berani 'bayar harga' untuk memenuhi panggilan hidupnya. Sebagian kecil, berarti masih ada.

Apakah panggilan hidup itu?

Secara garis besar, panggilan hidup adalah sesuatu yang kita lakukan bukan untuk kepentingan diri sendiri, tetapi untuk kepentingan orang lain, bangsa, negara, atau Tuhan dengan menggunakan bakat-bakat alamiah yang kita miliki.

Bisa ditambah dengan keterampilan-keterampilan atau ilmu yang kita pelajari, baik secara formal atau informal.

Namun kita 'sangat suka' melakukan kegiatan tersebut, bahkan tanpa dibayar pun kita bersedia melakukannya asal kebutuhan hidup terpenuhi (bisa dari kegiatan itu atau dari sumber lain).

Panggilan Hidup Berasal dari Tuhan

Panggilan hidup memang berasal dari Tuhan. Oleh karena itu disebut 'panggilan hidup'. Tapi kita harus berusaha untuk memenuhinya, tidak terjadi dengan sendirinya.

Misalnya seseorang yang terpanggil untuk menjadi guru (atau menjadi dokter seperti putra kedua kami). Mereka harus kuliah dulu, bekerja dengan rajin, selalu menambah ilmu dengan mengikuti berbagai seminar, dan sebagainya.

Tentang putra kedua kami yang terpanggil untuk menjadi dokter, saya sudah cek apa motivasinya. Apakah karena menjadi dokter itu menjanjikan penghasilan yang besar atau apa? Puji Tuhan, motivasinya bukan uang. Dia juga suka pelajaran Biologi, lebih daripada pelajaran Fisika dan Matematika.

Orang-orang 'terpilih' yang bersedia memenuhi panggilan hidupnya akan merasakan kebahagiaan yang luar biasa.

Sulitkah Memenuhi Panggilan Hidup?

Memenuhi panggilan hidup jauh lebih mudah daripada yang bukan panggilan hidup. Kenapa? Karena panggilan hidup itu memanfaatkan bakat-bakat alamiah yang sudah ada di dalam diri kita.

Kita tinggal mengembangkan bakat-bakat alamiah tersebut dengan keterampilan-keterampilan baru yang membuat bakat kita makin bersinar, hingga akhirnya bisa dirasakan manfaatnya oleh orang lain, bangsa, negara, dan Tuhan.

=======

Posting Terbaru

Langganan Updates

Untuk berlangganan updates semua blog berbahasa Indonesia saya, silakan isi formulir di BLOG UTAMA.

NB: Satu formulir untuk semua blog.

Pemilik Blog

Foto saya
• Infopreneur, Online Publisher
• Penerjemah buku Retire Young Retire Rich karya Robert T. Kiyosaki & Sharon L. Lechter, dan banyak buku lainnya.

Arsip Blog Ini