BLOG INI pada awalnya berisi Kutipan / Kata Mutiara / Kata-kata Bijak (quotations), Ringkasan (summaries), dan Pemahaman (insights). Dalam perkembangan selanjutnya diisi dengan artikel-artikel singkat. Silakan klik di sini... untuk kembali ke BLOG UTAMA.

28 Maret 2010

Iri Hati

Iri hati: Senang melihat orang lain susah, susah melihat orang lain senang.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memberikan definisi yang hampir sama. Iri hati: merasa kurang senang melihat kelebihan orang lain.

* * *

Sebagian komentar di facebook:

Adi Budianto
SMS = Senang Melihat orang lain Susah, Susah Melihat orang lain Senang... Menutup pintu rejeki dirinya sendiri...

Paulus Herlambang
@Adi Budianto: Singkatan yang bagus. Kalimat terakhir itu merupakan hal yang baru buat saya: gara-gara iri, jadi menutup pintu rezeki bagi diri sendiri. Terima kasih.

Wendy Viniswati
Iya bro....aku juga baru baca komen mas adi, klo iri jd nutup rejeki sendiri, apapun yg namanya iri sdh pasti ga baik ya bro...

Paulus Herlambang
@Wendy Viniswati: Saya belum bisa memahami kenapa iri hati bisa menutup rezeki bagi diri sendiri. Tapi saya rasa karena Tuhan tidak berkenan atas sikap tersebut, sehingga Ia menutup rezeki bagi orang yang melakukannya. Iri hati memang tidak baik karena bisa menimbulkan permusuhan.

Adi Budianto
Iri, dengki, sakit hati, ketidakpuasan, dkk, adalah emosi negatif dari hati kita, memancarkan energi negatif, yang mempengaruhi orang disekitar kita. Kesempatan meraih sesuatu bisa menjadi hilang karenanya. Dari sisi lain, kita tidak bersyukur atas hal-hal yang sudah kita punyai, yang sebenarnya hanya titipan dariNYA.... Kita ini adalah milikNYA juga... Mudah berkata, melaksanakannya... duh, susahnya. :-)

Paulus Herlambang
@Adi Budianto: Oke, saya paham sekarang bahwa emosi negatif atau energi negatif yang dirasakan oleh orang lain dari diri kita akan membuat mereka menjauhi kita atau tidak mau bekerja sama dengan kita. Terima kasih atas penjelasannya.

=======

Posting Terbaru

Langganan Updates

Untuk berlangganan updates semua blog berbahasa Indonesia saya, silakan isi formulir di BLOG UTAMA.

NB: Satu formulir untuk semua blog.

Pemilik Blog

Foto saya
• Infopreneur, Online Publisher
• Penerjemah buku Retire Young Retire Rich karya Robert T. Kiyosaki & Sharon L. Lechter, dan banyak buku lainnya.

Arsip Blog Ini