BLOG INI pada awalnya berisi Kutipan / Kata Mutiara / Kata-kata Bijak (quotations), Ringkasan (summaries), dan Pemahaman (insights). Dalam perkembangan selanjutnya diisi dengan artikel-artikel singkat. Silakan klik di sini... untuk kembali ke BLOG UTAMA.

26 Mei 2010

Pengalaman adalah Apa yang Anda Dapatkan

Pengalaman adalah apa yang Anda dapatkan ketika Anda tidak mendapatkan apa yang Anda inginkan. ~Peribahasa Italia~

Lain peribahasa Italia, lain peribahasa Indonesia. Menurut orang Indonesia (gak didukung oleh hasil survei yang akurat), pengalaman adalah apa yang anda dapatkan ketika anda MENDAPATKAN apa yang anda inginkan.

Misalnya, kalau saya menginginkan pergi ke Bali dan saya MENDAPATKANNYA, bagi saya itu adalah pengalaman (yang menyenangkan).

Sedangkan bagi orang Italia (menurut peribahasa di atas), kalau mereka menginginkan pergi ke Bali, misalnya, dan mereka TIDAK MENDAPATKANNYA, itu adalah pengalaman.

* * *

Komentar di facebook:

Adi Budianto
Terjemahan 'pengalaman' dari bahasa Itali apa sudah tepat? Mungkin yang mereka maksud dengan 'pengalaman' adalah 'reaksi' kita terhadap hal-hal yang tidak sesuai dengan harapan dan keinginan kita. Melakukan reaksi negatif, mengalami emosi negatif, adalah sebuah 'pengalaman'. Reaksi positif dan emosi positif adalah hal yang sudah seharusnya, sehingga tidak dikategorikan sebagai 'pengalaman'. Ini hanya dugaan saja, saya tidak mengerti bahasa dan budaya Itali... hehehe...

-----

Paulus Herlambang
@Adi Budianto: Sepintas lalu saya dapat memahami istilah 'pengalaman' yang terdapat dalam peribahasa Italia tersebut.

Perasaan kecewa dan bagaimana sikap atau reaksi kita ketika TIDAK MENDAPATKAN apa yang kita inginkan, itulah yang mereka maksud sebagai 'pengalaman'.

(Kurang lebih sama dengan ulasan anda.)

==========

Posting Terbaru

Langganan Updates

Untuk berlangganan updates semua blog berbahasa Indonesia saya, silakan isi formulir di BLOG UTAMA.

NB: Satu formulir untuk semua blog.

Pemilik Blog

Foto saya
• Infopreneur, Online Publisher
• Penerjemah buku Retire Young Retire Rich karya Robert T. Kiyosaki & Sharon L. Lechter, dan banyak buku lainnya.

Arsip Blog Ini