BLOG INI pada awalnya berisi Kutipan / Kata Mutiara / Kata-kata Bijak (quotations), Ringkasan (summaries), dan Pemahaman (insights). Dalam perkembangan selanjutnya diisi dengan artikel-artikel singkat. Silakan klik di sini... untuk kembali ke BLOG UTAMA.

07 Oktober 2010

Penggunaan Singkatan yang Membingungkan

Anak muda memang suka pakai singkatan-singkatan. Putri kami (Chika, 14 tahun) juga gitu, kalau kirim sms disingkat-singkat. Kayaknya makin banyak singkatan makin keren.

Tapi sering kali singkatan-singkatan membuat pesan sulit dimengerti, terutama buat orang-orang yang gak biasa pakai singkatan (seperti saya). Hehe..

* * *

Komentar-komentar di facebook:

Nona Eka Hehehehehe..... Betul tu pak! Asal jangan mempersingkat hidup aza....

Paulus Herlambang ‎@Nona Eka: Haha.. mungkin semakin sering baca pesan yang sulit dimengerti (karena menggunakan banyak singkatan), hidup jadi rada singkat. :(

Heronimus Wirawan sama pak... acapkali saya sering salah persepsi & salah mengerti gara2 kata disingkat2 gitu. judulnya kalo udah gitu..: bingung.com. hihihih

Paulus Herlambang ‎@Heronimus Wirawan: Penulis pesan gak sadar bahwa pembaca pesan akan memerlukan waktu 3-4 kali lebih lama untuk memahami suatu pesan yang banyak singkatannya.

Kadang-kadang setelah baca berkali-kali juga tetap gak ngerti, sehingga mubazirlah pesan yang dikirim. :(

Veno Aja Sy sndri jg kadang 'stres' pak kl baca sms/koment/status yg disingkat2 (terutama yg tdk 'baku' singkatannya). Tapi herannya mereka2 yg sebaya bs ngerti n nyambung. Jd sy pikir ini hny mslh kesenjangan antar generasi sj pak. Kita sdh prnh muda, sedangkan mrk blm prnh tua. Jd kalo ada kesempatan & sikon memungkinkan, tdk ada slhny kita sejenak menengok & mencoba mengakrabi dunia mereka.

Yayan Suryana Itulah fenomena berkembangnya dunia "Alay" disekitar kita. Setuju dengan Veno ttg kesenjangan antar generasi dan bagaimana memahaminya.

Paulus Herlambang ‎@Veno Aja: Betul, singkatan yang gak baku itu yang membingungkan. Tapi di antara sesama anak muda, kayaknya singkatan-singkatan yang gak baku itu lama-lama jadi 'baku' sendiri. Mereka saling mengerti.

Paulus Herlambang ‎@Veno & Yayan Suryana: Iya, kesenjangan antargenerasi namanya.

Marthen Luther Doko Ya, memang kita tidak bisa mengikuti perkambangan anak-anak dalam segala hal. Tapi ada satu bahwa Tuhan menghendaki kita mendoakan dan mendidik mereka dalam kebenaran.. dan kita harus bergantung pada Dia..

Paulus Herlambang ‎@Marthen Luther Doko: Setuju. Terima kasih sudah mengingatkan tentang hal itu. Gbu.

==========

Posting Terbaru

Langganan Updates

Untuk berlangganan updates semua blog berbahasa Indonesia saya, silakan isi formulir di BLOG UTAMA.

NB: Satu formulir untuk semua blog.

Pemilik Blog

Foto saya
• Infopreneur, Online Publisher
• Penerjemah buku Retire Young Retire Rich karya Robert T. Kiyosaki & Sharon L. Lechter, dan banyak buku lainnya.