BLOG INI pada awalnya berisi Kutipan / Kata Mutiara / Kata-kata Bijak (quotations), Ringkasan (summaries), dan Pemahaman (insights). Dalam perkembangan selanjutnya diisi dengan artikel-artikel singkat. Silakan klik di sini... untuk kembali ke BLOG UTAMA.

28 Juni 2010

Cara Mengalahkan Ego yang Suka Dipuji Orang

Mengapa banyak orang ‘menyembah Tuhan’, namun tidak mengalami perjumpaan dengan Dia? Penyebabnya adalah karena mereka tidak melakukannya dengan motif yang benar.

Ada orang yang melakukan penyembahan, seperti: berdoa, menyanyi, memberi, dan lain-lain dengan motif yang salah yakni supaya dilihat oleh orang.

Bila kita ‘menyembah’ Tuhan karena ingin dilihat dan dipuji orang, maka kita tidak sedang menyembah Tuhan yang benar, tetapi kita menyembah diri sendiri.

Jadi, bagaimana caranya agar kita dapat mengalahkan ego kita yang suka dipuji orang? Caranya adalah dengan melakukan disiplin kerahasiaan: kita memberi dengan motif untuk tidak dipuji orang.

Pada saat kita memberi dengan motif yang demikian, maka kita akan berjumpa dengan Tuhan di tempat yang tersembunyi. Perjumpaan yang demikian akan menghasilkan keintiman dengan Tuhan.

Kata-kata bijak:
Tetapi jika engkau memberi sedekah, janganlah diketahui tangan kirimu apa yang diperbuat tangan kananmu. Hendaklah sedekahmu itu diberikan dengan tersembunyi, maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu (Matius 6:3-4).

Sumber: AbbaNews, 28 Juni 2010 (diedit seperlunya)

==========

Posting Terbaru

Langganan Updates

Untuk berlangganan updates semua blog berbahasa Indonesia saya, silakan isi formulir di BLOG UTAMA.

NB: Satu formulir untuk semua blog.

Pemilik Blog

Foto saya
• Infopreneur, Online Publisher
• Penerjemah buku Retire Young Retire Rich karya Robert T. Kiyosaki & Sharon L. Lechter, dan banyak buku lainnya.