BLOG INI pada awalnya berisi Kutipan / Kata Mutiara / Kata-kata Bijak (quotations), Ringkasan (summaries), dan Pemahaman (insights). Dalam perkembangan selanjutnya diisi dengan artikel-artikel singkat. Silakan klik di sini... untuk kembali ke BLOG UTAMA.

12 November 2012

Mencari Kehendak Tuhan

Kalimat yang berbunyi: “Itu memang kehendak Tuhan”, atau “Semuanya itu datangnya dari Tuhan”, sering meluncur dari mulut orang percaya.

Kalimat-kalimat itu sungguh bagus, sebab mengungkapkan pengakuan akan kuasa Tuhan yang bekerja dalam kehidupan.

Meskipun demikian, ternyata juga dapat kehilangan makna yang sesungguhnya ketika diucapkan hanya sebagai basa-basi belaka. Atau bahkan disalahgunakan; dengan mengatasnamakan Tuhan, ingin memaksakan pendapat sendiri.

Dalam hidup ini, kita sering bimbang dan bertanya-tanya, apakah yang kita lakukan atau inginkan merupakan kehendak Tuhan atau bukan?


Untuk mendapatkan jawaban yang benar, kita TIDAK harus memohon tanda-tanda khusus dari Tuhan. Sebab, Tuhan telah menyatakan kehendak-Nya melalui hukum-hukum-Nya sebagaimana tertulis di dalam Kitab Suci.

Dengan membaca hukum-hukum-Nya, kita akan mendapatkan “tanda” dan “petunjuk”, apakah yang kita lakukan atau inginkan itu merupakan kehendak Tuhan atau bukan.

Selama yang kita lakukan atau inginkan itu tidak melanggar hukum-hukum Tuhan, kita dapat dengan tenang melakukannya, disertai permohonan dan keyakinan, bahwa Tuhan akan “turut bekerja” dalam semuanya itu, demi kebaikan kita. —Pdt. Em. Sutarno

* * *

Sumber: KristusHidup.com, 12/11/2012 (dipersingkat)

==========

Posting Terbaru

Langganan Updates

Untuk berlangganan updates semua blog berbahasa Indonesia saya, silakan isi formulir di BLOG UTAMA.

NB: Satu formulir untuk semua blog.

Pemilik Blog

Foto saya
• Infopreneur, Online Publisher
• Penerjemah buku Retire Young Retire Rich karya Robert T. Kiyosaki & Sharon L. Lechter, dan banyak buku lainnya.