BLOG INI pada awalnya berisi Kutipan / Kata Mutiara / Kata-kata Bijak (quotations), Ringkasan (summaries), dan Pemahaman (insights). Dalam perkembangan selanjutnya diisi dengan artikel-artikel singkat. Silakan klik di sini... untuk kembali ke BLOG UTAMA.

25 Agustus 2010

Memanfaatkan Hal-Hal yang Kurang Menyenangkan untuk Kebaikan

Someone said: "The best thing we can do when it's raining is to let it rain." -- Hal terbaik yang bisa kita lakukan saat hujan adalah membiarkan hujan itu turun. (Emangnya bisa mencegah hujan turun? Hehehe). Ada yg mau share tentang hal ini?

Sumber: Angga Kusmanto

* * *

Komentar saya di facebook:

Paulus Herlambang
Apa gunanya mencegah hujan turun? Apakah untuk kepentingan diri sendiri dan/atau sekelompok kecil orang? Kalau hanya untuk kepentingan diri sendiri dan/atau sekelompok kecil orang, sedangkan sebagian besar masyarakat membutuhkan hujan, berarti kita mementingkan diri sendiri.

Menurut saya, lebih baik membiarkan hujan turun kalau itu berguna bagi banyak orang. Asal gak banjir!

-----

Angga Kusmanto
‎@Paulus: Thank u pak Paulus. Sudut pandang yg bagus dan lebih ke arti harfiah :).

Sudut pandang saya sebagai berikut. Menurut saya quote di atas ber-analogi: banyak hal yg kita tidak sanggup mencegahnya utk terjadi, atau hal itu memang harus terjadi.

Sikap yg paling bijak adalah membiarkan hal tsb terjadi (karena toh tidak bisa dicegah?) tetapi mempersiapkan solusi pasca hal itu terjadi. Dalam hal hujan, kita tidak bisa mencegah hujan turun, tetapi kita bisa menyikapi dgn menuggu hujan berhenti sambil menikmati irama hujan atau mengerjakan kesibukan lain.

Atau kalo kebetulan kita diburu waktu, ya daripada mengomeli sang hujan, mungkin kita bisa memakai jaket hujan atau payung. Jd poinnya, ada hal (negatif) yg di luar kuasa kita utk mencegahnya, biarkanlah itu terjadi, karena kita selalu memiliki pilihan utk mengantisipasi ataupun menyikapi hal tsb dengan benar dan meminimalisir resiko atau kerugian. Sorry kalo paparannya kurang jelas :)

-----

Paulus Herlambang
@Angga Kusmanto: Paparannya sangat jelas. Betul sekali apa yang anda uraikan. Kalau suatu peristiwa tidak bisa dicegah terjadinya, kita ambil hikmahnya dan kita manfaatkan hal-hal yang kurang menyenangkan itu menjadi kebaikan bagi diri kita dan orang lain. GBUs.

==========

Posting Terbaru

Langganan Updates

Untuk berlangganan updates semua blog berbahasa Indonesia saya, silakan isi formulir di BLOG UTAMA.

NB: Satu formulir untuk semua blog.

Pemilik Blog

Foto saya
• Infopreneur, Online Publisher
• Penerjemah buku Retire Young Retire Rich karya Robert T. Kiyosaki & Sharon L. Lechter, dan banyak buku lainnya.